RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 01
Sekolah | : SMA Negeri 3 Parepare |
Mata Pelajaran | : BAHASA INGGRIS |
Kelas /Program / Semester | : XII/ IPA/2 |
Alokasi Waktu | : 180 menit (2 kali pertemuan) |
Tahun Pelajaran | : 2007 / 2008 |
1.Standar Kompetensi
MENDENGARKAN (Listening)7. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari |
2.Kompetensi Dasar
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah |
3.Materi Pokok
· The First Dialogue of Persuading · The Second Dialogue of Supporting · The Third Dialogue of Giving critic · The Fourth Dialogue of Giving a hope · The Fifth Dialogue of Preventing |
4.Indikator
· Mengidentifikasi gambits membujuk dalam dialog dengan cara mendengarkan · Mengidentifikasi makna gambit memberi semangat dalam dialog melalui lembar kerja · Mengidentifikasi gambit mengkritik dalam dialog dengan menjawab satu pertanyaan · Menjawab pertanyaan dengan cara mendengarkan dialog yang berisi gambit memberikan harapan · Menjawab pertanyaan dengan cara mendengarkan dialog yang berisi gambit mencegah |
5. Prinsip Belajar | : Constructivism |
6. Pendekatan | : Getting Information Process (GIP) |
7. Metode | : Identifying Gambits While Listening (IGWL) |
8. Strategi | : Group and Pair Work |
8.1 Kegiatan Awal | : 10 menit |
a. Apersepsi | : Menanyakan Gambits yang dikuasai siswa |
b. Motivasi | : Menanyakan Gambits Persuading, Giving a critic, Giving A hope, Supporting dan Preventing |
8.2 Kegiatan Inti (Explorasi) | : (140) |
¶ Pertemuan Pertama : 70 menita. Menyampaikan keutamaan Mendengarkan Pelajaran seperti dalam Al-Qur’an Surah Az-Zumar (39) ayat 18 b. Membentuk kelompok, tiap kelompok 4 orang, memilih koordinator dan juru tulis dari masing-masing kelompok serta memberi nama kelompok c. Memperdengarkan dialog sebanyak tiga kali d. Mengidentifikasi gambits persuading dalam dialog e. Mendiskusikan bersama kelompok jenis gambits yang digunakan dalam dialog f. Memeriksa hasil kerja kelompok dengan berpedoman kriteria penilaian g. Mengajak tiap anggota kelompok berpencar mencari pasangan h. Membagikan worksheet listening i. Memperdengarkan dialog yang berisi gambit supporting dan menjawab beberapa pertanyaan pada Assignment 1 j. Memeriksa bersama hasil kerja pasangan dengan menukarkannya kepada pasangan lain dan mendengarkan jawaban dari guru ¶ Pertemuan Kedua : 70 menita. Menyampaikan keutamaan Mendengarkan Pelajaran seperti dalam Al-Qur’an Surah An Nahl (16) ayat 65 : b. Membentuk kelompok, tiap kelompok 4 orang, memilih koordinator dan juru tulis dari masing-masing kelompok serta memberi nama kelompok c. Mendengarkan dialogue yang berisi gambit giving critic d. Mengidentifikasi jenis gambits yang digunakan dalam dialog dengan cara mendiskusikan bersama kelompok e. Memeriksa bersama hasil kerja kelompok dengan cara menukarkan ke kelompok lain dan mendengar jawaban benar dari guru f. Mengajak siswa berpencar mencari pasangan dan membagikan worksheet g. Menjawab beberapa pertanyaan pada Assignment 2 pada worksheet listening dengan cara mendengarkan seperangkat dialog yang berisi gambits memberi harapan dan mencegah | |
8.3 Kegiatan Akhir | |
a. Refleksi | : Mengajak siswa menyimpulkan kompetensi yang telah |
b. Penilaian | : Listening Test (Tertulis) |
c. Tagihan | : Menyimpulkan English News melalui radio/TV (Group) |
9. Sumber dan Media | |
a. Sumber | |
1. English : Grade XII : Bumi Aksara, 2005, page 45 – 47 2. Literate Society : English Book, SIC : 2005, page 107 - 109 3. English For A Better Life for the Twelfth Grade : Pakar Raya, 2005, page 69 – 85 4. Look Ahead 3 : PT. Erlangga, 2007, page 124 - 127 | |
b. Media | |
· Cassette · Worksheet of Listening |
10. Kriteria Penilaian
THE SCORING CLASSIFICATION OF LISTENING ASSESSMENT
COMPETENCE FEATURES | CRITERIA | SCORE |
GENERAL | · Finding fully explicit information · Finding almost fully explicit information · Not finding explicit information | 25 25 10 |
SPECIFIC | · Finding fully implicit information · Finding almost fully implicit information · Not finding implicit information | 25 15 10 |
VOCABULARY MASTERY | · Responding with long response · Responding almost long response · Responding but not relating | 25 15 10 |
CONCLUSION | · Relating to genre · Almost relating to genre · Not relating to genre | 25 15 10 |
TOTAL OF CORRECT RESPONSE | 100 |
(designed by dirman 2007)
Mengetahui : Kepala SMA Negeri 3 Parepare ..................................... NIP. 131 416 736 | | Parepare, 15 Januari 2008 Guru Mata Pelajaran SUDIRMAN, S.Pd. NGB.0419040127 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 02
Sekolah | : SMA Negeri 3 Parepare |
Mata Pelajaran | : BAHASA INGGRIS |
Kelas /Program / Semester | : XII/ IPA/2 |
Alokasi Waktu | : 270 menit (3 kali pertemuan) |
Tahun Pelajaran | : 2007 / 2008 |
1.Standar Kompetensi
BERBICARA (Speaking) 9. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari |
2.Kompetensi Dasar
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah |
3.Materi Pokok
· The First Dialogue of Persuading · The Second Dialogue of Supporting/Encouraging · The Third Dialogue of Giving critic · The Fourth Dialogue of Giving a hope · The Fifth Dialogue of Preventing |
4.Indikator
a. Mendemonstrasikan dialog yang menggunakan gambits membujuk b. Mendemonstrasikan dialog yang menggunakan gambits mendorong semangat c. Mendemonstrasikan dialog yang menggunakan gambits mengkritik d. Mendemonstrasikan dialogue yang menggunakan gambits memberi harapan e. Mendemonstrasikan dialogue yang menggunakan gambits mencegah f. Menjawab secara lisan tentang gambits melalui wawancara |
5. Prinsip Belajar | : Behaviorism |
6. Pendekatan | : Mimicry Memorization Approach (M2A) |
7. Metode | : Audio Lingual Method (ALM) |
8. Strategi | : Role Playing with Partner |
8.1 Kegiatan Awal | : 10 menit |
a. Apersepsi | : Mengingatkan gambits yang sudah dikuasai siswa |
b. Motivasi | : Menanyakan kompetensi siswa terhadap gambits : persuaiding, supporting, critic, hope dan preventing |
8.2 Kegiatan Inti (Explorasi) | : (210 menit) |
¶ Pertemuan Pertama : 70 menita. Mengingatkan tentang etika berbicara sesuai standar kompetensi yang akan dicapai, Al-Qur’an Surah Al-Israa’ (17) ayat 53 : b. Mengajak siswa mencari pasangan yang sama gendernya c. Melatih pengucapan dialog yang berisi gambit persuading secara klasikal d. Mendatangi tiap pasangan untuk mengetahui kelancaran masing-masing siswa e. Membantu tiap pasangan yang mengalami kesulitan dalam menguasai dialog f. Tiap Pasang siswa dipersilahkan tampil di depan kelas untuk mendemonstrasikan dialog yang dikuasai g. Secara bergantian tiap pasangan siswa mendemonstrasikan dialog h. Dan menilai tiap pasangan dengan berpedoman pada kriteria penilaian ¶ Pertemuan Kedua : 70 menita. Mengingatkan pahala yang diperoleh bagi orang yang selalu mengatakan hal yang baik dalam kehidupan sehari-hari, AL-Qur’an Surah Faathir (35) ayat 10 : b. Mengajak siswa mencari pasangan yang beda gendernya c. Melatih pengucapan dialog yang berisi gambits encouraging dan giving a critic d. Memberi kesempatan tiap pasangan siswa untuk melatih pengucapan bersama pasangannya e. Membantu pasangan siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai dialog f. Secara bergantian tiap pasangan mendemonstrasikan dialog di depan kelas g. Bagi yang telah selesai, mencari pasangan baru untuk mengusai dialog yang berisi gambit giving a critic h. Menilai unjuk kerja (performance) siswa dengan kriteria penilaian |
¶ Pertemuan Ketiga : 70 menit a. Mengingatkan orang yang diberi petunjuk bila mngucapkan hal-hal yang baik, dalam Al-Qur’an Surah Al Hajj (22) ayat 24 : b. Mengajak siswa mencari pasangan sesuai partner cards c. Melatih pengucapan dialog yang berisi gambit giving a hope dan preventing secara klasikal |
d. Melatih pengucapan sambil menyebut makna tiap gambits atau phrase pada dialog e. Memberi kesempatan tiap pasangan siswa untuk melatih pengucapan bersama pasangannya f. Membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai dialog g. Tiap Pasang siswa dipersilahkan tampil di depan kelas untuk mendemonstrasikan dialog yang dikuasai h. Secara bergantian tiap pasangan siswa mendemonstrasikan dialog i. Menilai performans siswa dengan kriteria penilaian |
8.3 Kegiatan Akhir | : 10 menit |
a. Refleksi | : Mengajak siswa menyimpulkan kompetensi yang dicapai |
b. Penilaian | : Performance |
c. Tagihan | : Membuat dialog yang sama bersama pasangannya |
9. Sumber dan Media | |
a. Sumber | |
1.English : Grade XII : Bumi Aksara, 2005, page 45 – 47 2.Literate Society : English Book, SIC : 2005, page 107 - 109 3.English For A Better Life for the Twelfth Grade : Pakar Raya, 2005, page 69 – 85 4.Look Ahead 3 : PT. Erlangga, 2007, page 124 - 127 | |
b. Media | |
· Dialogue Cards | |
10. Kriteria Penilaian |
THE SCORING CLASSIFICATION OF SPEAKING ASSESSMENT
COMPETENCE FEATURES | CRITERIA | SCORE |
FLUENCY | - Directly answer completely - Answer completely while thinking - Directly answer but not complete - Answer while thinking but not complete - Answer nothing right | 9 – 10 7 – 8 5 – 6 3 – 4 1 – 2 |
ACCURACY | - No mistake - One inaccurate word - Two inaccurate word - Three inaccurate word - More than three inaccurate word | 9 – 10 7 – 8 5 – 6 3 – 4 1 – 2 |
CONTENT | - Message required is dealt with fully and effectively - Message required is dealt with effectively but a little unsystematic - Message required is adequately conveyed and organized but some restriction - Message is broadly conveyed but with little subtlety and some lost of detail - Inadequate or irrelevant attempts at conveying the message | 9 – 10 7 – 8 5 – 6 3 – 4 1 – 2 |
PRONOUNCATION | - Very good pronunciation - Good pronunciation - Fair pronunciation - Poor pronunciation - Very poor pronunciation | 9 – 10 7 – 8 5 – 6 3 – 4 1 – 2 |
(Adopted from Jabu : 1995 : 80)
Mengetahui : Kepala SMA Negeri 3 Parepare ...................................... NIP. 131 416 736 | | Parepare, 22 Januari 2008 Guru Mata Pelajaran SUDIRMAN, S.Pd. NGB.0419040127 |
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus