Sabtu, 08 Januari 2011

Contoh RPP Berkarakter Mapel Bahasa Inggris SMP Kelas 7 sem 1

 Sumber : Paknurhadi.blogspot.com

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1 )

Sekolah                                   : SMP Negeri Flamboyan
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/ Smt                               : VII / 1

Standar Kompetensi               :
3.   Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan  lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar :
3.2 Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

Indikator:
  1.  merespon makna  tindak tutur menyapa orang yang belum/sudah dikenal
  2. merespon makna  tindak tutur memperkenalkan diri sendiri / orang lain
  3. merespon makna  tindak tutur memerintah atau melarang
  4. Mengungkapkan makna tindak tutur menyapa orang yang belum/sudah dikenal
  5. Mengungkapkan makna tindak tutur memperkenalkan diri sendiri / orang lain
  6. Mengungkapkan makna tindak tutur memerintah atau melarang

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

I.                   Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pelajaran:
1.      Siswa dapat merespon makna  tindak tutur menyapa orang yang belum/sudah dikenal
  1. Siswa dapat merespon makna  tindak tutur memperkenalkan diri sendiri / orang lain
  2. Siswa dapat merespon makna  tindak tutur memerintah atau melarang
  3. Siswa dapat mengungkapkan makna tindak tutur menyapa orang yang belum/sudah dikenal
  4. Siswa dapat mengungkapkan makna tindak tutur memperkenalkan diri sendiri / orang lain
  5. Siswa dapat mengungkapkan makna tindak tutur memerintah atau melarang

II.                Materi Pembelajaran :

a.       Ungkapan untuk menyapa orang yang belum/sudah dikenal:
Greeting                                                          Response
o   Good morning/afternoon/evening             Good morning/afternoon/evening
o   How do you do?                                        How do you do?
o   How are you?                                           I’m fine. Thank you.


b.      Ungkapan untuk memperkenalkan diri sendiri / orang lain
o   Hello. My name is ....
o   Hello, I’m ....
o   Hi, this is my friend ....

c.       Ungkapan untuk memerintah atau melarang
Comment                                            Prohibition
o   Open your book.                           Don’t open your book.
o   Be careful.                                     Don’t be noisy.

d. Kosa kata terkait dengan materi:
      Misalnya                   : live, address, here, enter, house, far, there, tired, dll.
      Verb                         : come, do, read, open,walk, take, ride, dll
      To be                        : is, am, are
      Kata kerja bantu       : do, does
      Pronouns                  : I, you, we, they, he, she, it.
                                        Me, you, them, her, him, it.
                                        My, your, their, her, him, its.
                                        Mine, yours, theirs, hers, him, its.

III. Metode/ Tehnik, Media : PPP (Presentation, Practise, and Production)
            Kaset, CD, VCD

IV. Langkah-langkah kegiatan :

Pertemuan 1

a.       Kegiatan Awal
       * Do’a  (Iman dan takwa)
      * Salam dan tegur sapa ( Santun dan peduli)
              * Mengabsen siswa (Empati)
*Brainstorming materi terkait, misalnya:  Menyanyikan lagu “Good Morning” yang 
  digubah sendiri (Produktif  dan estetis)
  Lagu : (Mengambil lagu “Happy Birthday”)
                     Good morning to you
                     Good morning to you
                     Good morning everybody
                     Good morning to you

b.      Kegiatan Inti
·   Mendengarkan dialog transaksional dan interpersonal tentang ungkapan untuk menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang. (Cermat)
·   Membahas dialog transaksional dan interpersonal tentang ungkapan untuk menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain. (Mandiri, berpikir logis, kreatif, kerjasama)
·   Melengkapi  dialog transaksional dan interpersonal tentang ungkapan untuk menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain. (Cermat, kreatif dan logis)
·   Membahas jawaban siswa dengan guru. (Saling menghargai)
·   Dengan model dialog yang telah dilengkapi siswa berlatih dengan merespon ungkapan yang diberikan guru. (Cermat, kreatif dan logis)
·   Membuat dialog secara berpasangan tentang ungkapan cara menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain. (Kerjasama, kreatif, saling menghargai dan tanggung jawab)
·   Mendemontrasikan ungkapan cara menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain berdasarkan dialog yang dibuatnya secara berpasangan. (Kerjasama,  percaya diri sendiri, saling menghargai dan tanggung jawab)

c.       Kegiatan Akhir
·   Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami ungkapan yang baru dipelajari. (Peduli)
·   Menyimpulkan materi yang baru dipelajari. (Logis dan kritis)
·   Menugaskan siswa untuk mencari contoh dialog transaksional dan interpersonal tentang ungkapan untuk menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain secara berpasangan.  (Kerjasama dan tanggung jawab)
·   Refleksi (Melihat kelebihan dan kekurangan sendiri, jujur)

Pertemuan 2.
a. Kegiatan Awal
       * Do’a  (Iman dan takwa)
       * Salam dan tegur sapa ( Santun dan peduli)
              * Mengabsen siswa (Empati)
·   Meminta siswa membacakan contoh dialog transaksional dan interpersonal tentang ungkapan untuk menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain yang telah dicari di rumah. (Percaya diri, kerjasama dan tanggung jawab) dengan menggunakan kalimat perintah, misalnya:
-. Come here, please.
-. Read your work !
·   Guru memberikan komentar tentang hasil pekerjaan siswa. (Menghargai )

b. Kegiatan Inti
·   Mendengarkan dialog transaksional dan interpersonal tentang ungkapan untuk memerintah atau melarang. (Cermat)
·   Menirukan ucapan guru mengucapkan berbagai ungkapan untuk  memerintah atau melarang. (Cermat, percaya diri)
·   Membahas dialog transaksional dan interpersonal tentang ungkapan untuk memerintah dan melarang. (Mandiri, berpikir logis, kreatif, kerjasama)
·   Membuat dialog secara berpasangan tentang ungkapan untuk memerintah dan melarang. (Kerjasama, kreatif, saling menghargai dan tanggung jawab)
·   Mempresentasikan dialog transaksional dan interpersonal tentang ungkapan untuk memerintah atau melarang yang telah dibuat secara berpasangan. (Kerjasama,  percaya diri sendiri, saling menghargai dan tanggung jawab)

c.   Kegiatan Akhir
·   Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami ungkapan yang baru dipelajari. (Peduli)
·   Refleksi (Melihat kelebihan dan kekurangan sendiri, jujur)

V. Sumber Belajar:
·   Lingkungan sekolah : kelas, barang-barang di sekitar kelas.
·   Perpustakaan
·   Buku teks BSE (English in Focus Kelas VII)


VI.Penilaian
a. Teknik                      :   Tes lisan  dan performance
b.Bentuk                     :   Pertanyaan lisan  dan  unujk kerja
c.Instrumen                 :

A.     Listen to your teacher and complete the dialogue with the words below.
             1. The teacher and the students in the classroom.
Teacher      : Good morning students, welcome to the English class.
Students     : (1)………………………………                    
Teacher      : How are you this morning?                                       
Students     : (2)………………………………. And you?  
Teacher      : I’m fine too.


 

            - We are fine. Thank you         -  Good morning, Sir.

B.     Listen and Repeat
-          Good morning.
-          How are you?
-          How do you do?
-          Etc.

C.     Perform a dialog with your partner in front of the class.
Teacher      : Good morning students, welcome to the English class.
Students    : Good morning, Sir               
Teacher      : How are you this morning?                                      
Students    : We are fine. Thank you And you?   
Teacher      : I’m fine too.

D.    Read the dialog loudly and answer the following question!
Shinta        : Hi, Rudy. How are you?
Rudy         : Very well, thank you. What are you doing here?
Shinta        : I want to buy English and History books. I’m here with my Dad. He is over there. Let me introduce you to him.
                        (Dialog lengkap ada pada lembar kerja siswa.)

1.  How many persons are there in the dialog?
2.  Where does the dialog accor?
3.  Etc.

E.     Answer these following question with your own personal data!
1. What is your name?
2. Where do you live?
3. Etc.

Pedoman Penilaian Speaking dan Performance


No
Aspek yang dinilai
Skor
1




2




3



4
Intonasi : Lancar
                Cukup lancar
                Kurang lancar
                Tidak berbicara

Pengucapan : Sempurna (Sangat baik)
                      Cukup  baik
                      Kurang baik
                      Tidak baik

Diksi  : Tepat sesuai konteks
             Kurang tepat sesuai konteks
             Tidak tepat

Kelancaran : Lancar
                     Cukup lancar
                     Tidak lancar
          
                     
4
3
2
1

4
3
2
1

3
2
1

3
2
1

 


 


Skor  perolehan
Nilai :     ____________   x 100
Skor  maksimal









Pedoman Penilaian Kepribadian

Nama  Siswa
Santun
Peduli
Kerjasama
Logis & kritis
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1. .........




















2. .........




















3. .........




















4. .........




















5. .........





















Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang




Mengetahui                                                                             ................................
      Kepala SMPN Flamboyan                                                            Guru Mata Pelajaran




     ___________________                                                                 _________________
     NIP.                                                                                               NIP.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar