Sabtu, 08 Januari 2011

Contoh RPP Berkarakter Mapel Bahasa Inggris SMP Kelas 8 Sem 1

Sumber: Paknurhadi.blogspot.com

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah: ....
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII Sem 1
Standar Kompetensi : 
Menulis
 6.   Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar                               



Kompetensi Dasar : 
6.1.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

  Indikator : 
·         Melengkapi rumpang teks fungsional pendek berbentuk pengumuman dengan cermat dan benar

·         Menyusun kata kata acak menjadi teks fungsional yang bermakna dengan menggunakan bahasa yang sopan

·         Mampu berkreasi menuliskan teks fungsional pendek berbentuk pengumuman


Jenis Teks :  Teks lisan                                  

Aspek/Skill : Menulis

Alokasi Waktu :   3 x 40 menit
                         
A.           Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
·         Siswa dapat Melengkapi rumpang teks fungsional pendek berbentuk pengumuman dengan cermat dan benar

2. Pertemuan 2
·         Siswa dapat menyusun kata kata acak menjadi teks fungsional yang bermakna dengan menggunakan bahasa yang sopan
3. Pertemuan 3
·         Siswa mampu berkreasi menuliskan teks fungsional pendek berbentuk pengumuman


B.            Materi Pembelajaran

Teks fungsional pendek
berupa :  Pengumuman 

SCHOOL
ANNOUNCEMENT
Saturday morning
basketball matches
begin on Saturday,
January 15. The event s will run from 9:00-11:00 for
the next four weeks. The final tournament will be held on February 8.
For more information, contact Ari (0341) 7334584

C.           Teknik/Metode
The Four Stages (BKOF, MOT, JCOT, ICOT)

D.           Langkah-langkah Kegiatan  

                  Pertemuan 1
Greetings (Salam dan Tegur sapa)
Checking attendance (Mengecek kehadiran)
Prayer (berdoa)
Lead in

1. Melengkapi rumpang teks fungsional pendek

                      
Summarizing (Membuat kesimpulan  )
Further guidance: ( PR dan tugas lanjutan)
Reflection: (refleksi)

Pertemuan 2
Greetings (Salam dan Tegur sapa)
Checking attendance (Mengecek kehadiran)
Prayer (berdoa)
Lead in
1.    Meyusun kata menjadi teks fungsional yang bermakna

Summarizing  (kesimpulan)
Further guidance  (PR dan tugas lanjutan)
Reflection    (Refleksi bersama)
losing prayer (doa penutup)

Pertemuan 3
Greetings (tegur sapa)
Checking attendance (mengecek kehadiran)
Prayers (berdoa)
Lead in
·         Menulis teks fungsional pendek

Summarizing  : kesimpulan
Further guidance : PR atau tugas lanjutan
Reflection : refleksi
Closing prayer : doa penutup

E.            Sumber Belajar

Contoh-contoh teks fungsional pendek berbentuk undangan


F.             Penilaian
1.      Teknik
2.      Bentuk
3.      Instrumen
                             
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk
Contoh
1






2.



3.


·          1. Melengkapi rumpang teks fungsional pendek





·         Meyusun kata menjadi teks fungsional yang bermakna

·         Menulis teks fungsional pendek



Tes Tulis





Tes Tulis


Tes Tulis


 Close procedure





Arrangement


  Unjuk kerja


 Fill in the blanks with suitable word




Rearrange these jumbled words into a good sentence

Create a simple announcement

G.                PENILAIAN SISWA
No
Nama Peserta didik
Indikator/skor maksimal




·         Melengkapi rumpang teks fungsional pendek

·         Meyusun kata menjadi teks fungsional yang bermakna

·         Menulis teks fungsional pendek

Jumlah



1-5
1-5
1-5
15

1






2






3






4






5






6


















RUBRIK PENILAIAN KARAKTER SISWA

Nama
Siswa
CERMAT
SOPAN
BERKREASI
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1. ………















2. ………















3. ………















4. ………















5. ………
















Keterangan :  a  = sangat baik;  b  = baik  c  =  cukup  d  = kurang   e   =  sangat kurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar