Perangkat ini disusun oleh penerbit tertentu untuk buku tertentu. Isi diluar tanggung jawab www.rumahrpp.blogspot.com
Contoh RPP:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ………………………………Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. ( memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan -berita)
Kopetensi dasar : 1.1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
- A. Tujuan Pembelajaran
2. Peserta didik dapat menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
3. Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu alinea
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
- B. Materi Pembelajaran
- C. Metode Pembelajaran
Teks wawancara tentang tokoh idola
- D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Apersepsi :
1) Peserta didik Membacakan teks berita
2) Peserta didik mendengarkan teks berita yang dibacakan
3) Peserta didik diminta bertanya tentang manfaat berita yang dibacakab
Motivasi :
1) Menjelaskan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Kegitan Inti
- Eksplorasi
F Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect )
F Mendata pikiran, pendapat dan gagasan yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
- Elaborasi
F Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan, yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
F Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
F Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara kedalam beberapa kalimat singkat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
- Konfirmasi
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- membantu menyelesaikan masalah;
- memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
- E. Sumber Belajar
- Bagan identifikasi pengalaman
- Gambar
- VCD
- Narasumber
- Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
- F. Penilaian
Indikator pencapaian | Penilaian | ||
Teknik penilaian | Bentuk Instrumen | Soal/Instrumen | |
| Tes tulis | Uraian |
|
No | Butir Soal | Skor maksimal |
1 2 3 | Tulislah minimal 3 pokok berita yang terdapat dalam teks berita yang dibacakan ! Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya ! Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea | 3 4 3 |
Jumlah | 10 |
Soal Nomor 1 :
- Apabil Peserta didik menjawab satu dari tiga pokok berita
- Apabila hanya dua yang benar
- Apabila Peserta didik menjawab lengkap dan benar
- Apabila Peserta didik menjawab benar nilai 4
- Apabila Peserta didik menjawab kurang sempurna nilai 2
- Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
1 Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan dengan benailai 3
- Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan tetapi kurang sempurna nilai 2
- Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
Skor Maksimum
Mengetahui, Kepala ………………………… (__________________________) NIP / NIK : …………………….. | …..,………………… 20 ……. Guru Mapel BHS Indonesia. (_______________________) NIP / NIK : ……………………. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar