Kamis, 10 Februari 2011

RPP dan Silabus Berkarakter SMP Mapel PAI (Pendidikan Agama Islam)

Disclaimer:
Perangkat ini disusun oleh penerbit tertentu untuk buku tertentu. Isi diluar tanggung jawab www.rumahrpp.com
Contoh RPP:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : ………………………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Kompetensi Dasar : 1.2. Membedakan  hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Alokasi Waktu : 2 X  40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat membedakan  hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dari segi tulisan maupun bacaan.

Karakter siswa yang diharapkan :           Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Materi Pembelajaran
  • Perbedaan lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dengan “Al” Qamariyah dari segi tulisan.
  • Perbedaan lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dengan “Al” Qamariyah dari segi bacaan.

Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Guru bertanya mengenai pengertian “Al” Syamsiyah dan Qamariyah.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur’an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dan qamariyah, siswa diperintahkan mencari informasi tentang perbedaan dari segi tulisan.

2).  Elaborasi
  • Siswa Siswa Sugi dan Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh “Al” Syamsiyah dan qamari-yah bersama kelompoknya masing-masing.
  • Siswa diberi tugas oleh guru tentang perbedaan bacaan antara lafadz Syamsiyah dan  Komariyah
  • Guru mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang mengandung bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam Qamariyah, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
  • Siswa Sugi dan Siswa menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan “Al” Syamsiyah dan Qamariyah.

3) Konfirmasi
  • Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  • Guru mengkonfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  • Guru menanyakan kepada siswa  tentang refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:


Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
  • Guru memberi tugas agar siswa mengerjakan LKS di rumah.

Sumber Belajar
  • Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
  • LKS MGMP PAI
  • Mushaf Al-Qur’an
  • VCD pembelajaran

Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen / Soal
  • Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
  • Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Qamariyah.
  • Membandingkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
Tes tertulis Tes isian
  • Sebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
  • Sebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Qamariyah.
  • Bandingkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
  • Lafaz   اَلْغَفُوْرُ  mengandung bacaan “Al”
  • Lafaz   اَلسَّلاَمُ  mengandung bacaan “Al”
  • Ayat   غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ  mengandung bacaan “Al”
  • Ayat   قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسٍ  mengandung bacaan “Al”
  • Ketika membaca “Al” Syamsiyah, bunyi  lam-nya melebur ke dalam huruf sesudahnya, sedangkan ketika membaca “Al” Qamariyah bunyi lam-nya

Lembar Instrumen Penilaian
No Nama Soal/Portofolio Skor


……………………., ……………. 20…..
Mengetahui                                                    Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah




________________                                        ___________________
NIP                                                                   NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar