Perangkat ini disusun oleh penerbit tertentu untuk buku tertentu. Isi diluar tanggung jawab www.rumahrpp.com
Contoh RPP:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah | : | ……………………………….. |
Mata Pelajaran | : | Pendidikan Agama Islam |
Kelas / Semester | : | VII / 1 |
Standar Kompetensi | : | 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah |
Kompetensi Dasar | : | 1.2. Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah |
Alokasi Waktu | : | 2 X 40 menit ( 1 pertemuan) |
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dari segi tulisan maupun bacaan.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Materi Pembelajaran
- Perbedaan lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dengan “Al” Qamariyah dari segi tulisan.
- Perbedaan lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dengan “Al” Qamariyah dari segi bacaan.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai pengertian “Al” Syamsiyah dan Qamariyah.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur’an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dan qamariyah, siswa diperintahkan mencari informasi tentang perbedaan dari segi tulisan.
2). Elaborasi
- Siswa Siswa Sugi dan Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh “Al” Syamsiyah dan qamari-yah bersama kelompoknya masing-masing.
- Siswa diberi tugas oleh guru tentang perbedaan bacaan antara lafadz Syamsiyah dan Komariyah
- Guru mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang mengandung bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam Qamariyah, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
- Siswa Sugi dan Siswa menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan “Al” Syamsiyah dan Qamariyah.
3) Konfirmasi
- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
- Guru mengkonfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
- Guru menanyakan kepada siswa tentang refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
- Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Kegiatan Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
- Guru memberi tugas agar siswa mengerjakan LKS di rumah.
Sumber Belajar
- Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
- LKS MGMP PAI
- Mushaf Al-Qur’an
- VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen / Soal |
| Tes tertulis | Tes isian |
|
Lembar Instrumen Penilaian
No | Nama | Soal/Portofolio | Skor |
……………………., ……………. 20…..
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
________________ ___________________
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar