Perangkat ini disusun oleh penerbit tertentu untuk buku tertentu. Isi diluar tanggung jawab www.rumahrpp.blogspot.com
Contoh RPP:
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : …………………………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/satu
Standar Kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat.
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
- menjelaskan pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan; Secara Rasa hormat dan perhatian ( respect ) ,Tekun ( diligence ) Serta Jujur ( fairnes )
- menjelaskan tujuan norma;
- menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
- menguraikan macam-macam norma.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan.
melakukan interaksi dengan individu atau kelompok lainnya. Jadi setiap
manusia, baik sebagai individu atau anggota masyarakat selalu membutuhkan
bantuan orang lain. Dalam interaksi sosial tersebut, setiap individu bertindak
sesuai dengan kedudukan, status sosial, dan peran yang mereka masing-masing.
Tindakan manusia dalam interaksi sosial itu senantiasa didasari oleh nilai dan
norma yang berlaku di masyarakat.
- Macam-macam norma.
Berikut di bawah ini adalah beberapa norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Norma memiliki fungsi sebagai pedoman dan pengatur dasar kehidupan seseorang dalam bermasyarakat untuk mewujudkan kehidupan antara manusia yang aman, tentram dan sejahtera.
1. Norma Sopan Santun
Norma sopan santun adalah norma yang mengatur tata pergaulan sesama manusia di dalam masyarakat.
Contoh :
- Hormat terhadap orang tua dan guru
- Berbicara dengan bahasa yang sopan kepada semua orang
- Tidak suka berbohong
- Berteman dengan siapa saja
- Memberikan tempat duduk di bis umum pada lansia dan wanita hamil
2. Norma Agama
Norma agama adalah norma yang mengatur kehidupan manusia yang berasal dari peraturan kitab suci melalui wahyu yang diturunkan nabi berdasarkan atas agama atau kepercayaannya masing-masing. Agama adalah sesuatu hal yang pribadi yang tidak dapat dipaksakan yang tercantum dalam undang-undang dasar ’45 pasal 29.
Contoh :
- Membayar zakat tepat pada waktunya bagi penganut agama islam
- Menjalankan perintah Tuhan YME
- Menjauhi apa-apa yang dilarang oleh agama
3. Norma Hukum
Norma hukum adalah norma yang mengatur kehidupan sosial kemasyarakatan yang berasal dari kitab undang-undang hukum yang berlaku di negara kesatuan republik indonesia untuk menciptakan kondisi negara yang damai, tertib, aman, sejahtera, makmur dan sebagainya.
Contoh :
- Tidak melanggar rambu lalu-lintas walaupun tidak ada polantas
- Menghormati pengadilan dan peradilan di Indonesia
- Taat membayar pajak
- Menghindari KKN / korupsi kolusi dan nepotisme
C. Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan, dan diskusi kelas.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan, kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan. Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairnes )
- Mengadakan kajian referensi tentang norma-norma kebiasaan dan adat istiadat di masyarakat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairnes ) Serta Kewarganegaraan ( citizenship )
- Membagi siswa dalam kelompok.
- Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
- Meminta tanggapan dari kelompok lain.
- Guru mengklarifikasi tentang hakikat norma dalam masyarakat.
Penutup
- Mengadakan post test.
- Guru memberi tugas rumah kepada siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya.
2. Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan tujuan norma.
- Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang macam-macam norma dan sanksinya.
- Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
- Meminta tanggapan dari kelompok lain.
- Guru mengklarifikasi tentang macam-macam norma dan sanksinya.
a. Mengadakan post test.
Memberi tugas berupa pengamatan terhadap penerapan norma di sekolah untuk dipresentasikan pada minggu berikutnya.
3. Pertemuan III
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang tugas yang diberikan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;menguraikan macam-macam norma.
- Mengatur kelompok diskusi.
- Meminta siswa mempresentasikan hasil pengamatan penerapan norma di sekolah.
- Guru mengklarifikasi dan menyimpulkan pentingnya penerapan norma.
- Mengadakan post test
E. Alat/Sumber Pembelajaran
- Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
- Artikel/berita di media massa
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian | Teknik penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen |
| Tes tertulis Tes tertulis | Pilihan Ganda Uraian | Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat!
b. ketentuan hukum yang tertulis secara sistematis dan dibuat oleh pihak yang berwenang c. kebiasaan-kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat dan berjalan sebagai aturan hidup d. Kaidah-kaidah atau ketentuan- ketentuan yang dijadikan peraturan hidup sehingga mempengaruhi tingkah laku dalam masyarakat
B. dihormati dan terhormat C. menjadi satu dengan manusia lain dan alam sekitarnya D. sempurna dan bahagia
B. adat atau kemasyarakatan C. agama D. hukum
B. adat atau kemasyarakatan C. agama D. hukum
B. adat atau kemasyarakatan C. agama D. hukum
B. ketertiban dalam masyarakat C. keadilan sosial D. kebahagiaan bagi masyarakat
B. tegas dan keras C. tidak memandang siapa yang bersalah D. dibuat oleh lembaga kemasyarakatan
B. menegakkan kebenaran C. menciptakan ketertiban D. mewujudkan kebersamaan Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat, dan jelas!
|
Mengetahui, Kepala SMP/MTs …………… (__________________________) NIP/NIK : ………………………… | …..,………………… 20 ……. Guru Mapel PKN (_______________________) NIP/NIK : ………………………… |
Terimakasih.
BalasHapuswww.mankdidin.blogspot.com