Jumat, 25 Februari 2011

RPP Bahasa Arab MTs pola eksplorasi,elaborasi konfirmasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : BAHASA ARAB
Kelas/Semester      : IX / 1
Alokasi Waktu         : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)

A.           Standar Kompetensi
         1.      MENDENGARKAN/ISTIMA’
                  Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang  دينية مناسبات / even-even keagamaan
B.          Kompetensi Dasar
1.3    Mengungkapkan kembali cerita yang telah didengar tentang دينية مناسبات dengan menggunakan fiil madhi (فعل الماضى)  dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah idhofah
C.          Tujuan Pembelajaran
§               Mendengarkan kisah singkat narasumber tentang kegiatan ibadah haji
§               Menjawab pertanyaan  tentang pengalaman narasumber dalam pelaksanaan  ibadah haji
§               Menyebutkan kata kerja yang digunakan dalam pelaksanaan ibadah haji
§               Menceritakan kembali kisah narasumber tentang pelaksanaan ibadah haji

D.          Materi Pembelajaran
§               Menceritakan kembali kisah singkat tentang pengalaman ibadah haji narasumber
E.           Metode Pembelajaran
§               Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§               Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang even even keagamaan
§               Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§               Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.           Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill Yang Dikembangkan
v     Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§         Menanyakan kepada siswa tentang دينية مناسبات
§         Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v     Kegiatan inti
§         Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang دينية مناسبات (eksplorasi)
§         Siswa membaca  berbagai sumber tentang دينية مناسبات (Eksplorasi)
§         Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang دينية مناسبات (Elaborasi)
§         Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§         Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan دينية مناسبات (Konfirmasi)
v     Kegiatan penutup.
§         Guru melaksanakan penilaian lisan
§         Memberikan tugas pengayaan
10




50






5

10

5
Pemahaman Konsep











G.          Sumber Pembelajaran
§               Buku paket Bahasa Arab kelas IX
§               Teks wacana tentang kegiatan
§               Rekaman cerita
H.          Assessment /  Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§         Menyebutkan kata kerja yang digunakan narasumber dalam bercerita
§         Menceritakan kembali kisah singkat yang telah didengar dari narasumber
§         Bercerita
Uraian
§         Sebutkan kata kerja yang digunakan narasumber dalam bercerita !

Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab





..........................................
NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar