Kamis, 10 Februari 2011

RPP dan Silabus Berkarakter SMP Mapel Seni Budaya (SBK)

Disclaimer:
Perangkat ini disusun oleh penerbit tertentu untuk buku tertentu. Isi diluar tanggung jawab www.rumahrpp.blogspot.com
Contoh RPP:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP


SEKOLAH                               :  ………………………
MATA PELAJARAN             :  Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                :  VII / I
ALOKASI WAKTU                 :  4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI      : 1.   Mengapresiasi karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR           : 1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan
dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat

  1. A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
pertemuan 1 dan 2
  1. Membuat kliping karya seni rupa terapan daerah Jawa Tengah
  2. Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)

v      Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

  1. B. MATERI POKOK
Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat (JawaTengah)
  1. Keunikan gagasan
  2. Teknik pembuatan karya seni rupa
  3. Pembuatan kliping seni rupa terapan daerah

  1. C. METODE PEMBELAJARAN
  • Pendekatan CTL:
  • tanya jawab,
  • diskusi,
  • dan pemberian tugas.

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
pertemuan 1 dan 2

1. Pendahuluan

- Apersepsi  dan Motivasi  :
  • Guru menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
oleh siswa
  • Guru menyampaikan apersepsi tentang seni rupa terapan
  • Guru memberi motivasi tentang apresiasi seni rupa

2. Kegiatan Inti

  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Melihat tayangan proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Siswa membentuk kelompok menjadi 8 kelompok.
F     Diskusi kelompok tentang proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat
F     Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan.
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F     Guru memberi tugas pembuatan kliping

E. SUMBER PEMBELAJARAN
  1. Buku teks Seni Budaya
  2. Gambar karya seni rupa terapan : kria dan desain.

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
  • Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
  • Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan  karya seni rupa terapan daerah setempat
Tes praktik/ kinerja Tes iden-     tifikasi
  • Presentasikan hasil diskusi kelompokmu berupa   tanggapan tentang keunikan gagasan ,teknik seni rupa terapan daerahmu
  • Buatlah kliping karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!
  • Buatlah tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan  karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!


Mengetahui, Kepala SMP/MTs ……..



( ……………………………………. )
NIP/NIK : …………………
………., …………………  20… Guru Mapel SBK.



( …………………………………… )
NIP/NIK : ……………….

Contoh RPP:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SEKOLAH                                : ………………………
MATA PELAJARAN                : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER                : VIII / I
ALOKASI WAKTU                  : 4 X 40 menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI       : 2.   Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR            : 2.1 Merancang karya seni kriya
tekstil dengan teknik dan corak
seni rupa terapan nusantara


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
  1. Mendiskripsikan konsep batik.
  2. Membuat desain pola batik berdasarkan corak ragam hias nusantara

v      Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI AJAR
  • Konsep batik
  • Menggambar desain ragam hias untuk pola batik.

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : Tanya jawab, Demonstrasi, Pemberian tugas.

D. LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua :
a.  Kegiatan Pendahuluan
  • Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
  • Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenai daerah-daerah pembuat batik.

b.  Kegiatan Inti
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     peserta didik Membaca referensi tentang seni rupa nusantara dan karya seni batik.
F     peserta didik Melihat tayangan gambar batik.
F     peserta didik Menggambar desain ragam hias untuk pola batik.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

  • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. ALAT / SUMBER BELAJAR
  • Buku teks Seni Budaya
  • Media  elektronik lap top dan LCD proyektor

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
Ü      Membuat bentuk-bentuk ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara Ü      Membuat rancangan karya seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara Tes praktik/ kinerja Tes identifikasi Ü      Buat desain tekstil dengan mengambil corak ragam hias Nusantara.

Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai Penilaian
1 2 3 4 5
Gagasan
Kreativitas
Teknik /bentuk
Karakteristik

Keterangan :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik



Mengetahui, Kepala SMP/MTs ……..



( ……………………………………. )
NIP/NIK : …………………
………., …………………  20… Guru Mapel SBK.



( …………………………………… )
NIP/NIK : ……………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar