Jumat, 25 Februari 2011

Contoh RPP Fikih MTs pola Eksplorasi, elaborasi, konfirmasi




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                 :  Fiqih
Kelas/Semester               :  IX / 1
Alokasi Waktu                  :  4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.           Standar Kompetensi
         1.      Mempraktekkan  tata cara penyembelihan, qurban dan aqiqah         
B.          Kompetensi Dasar
         1.3    Menjelaskan ketentuan aqiqah
C.          Tujuan Pembelajaran
§         Siswa dapat menjelaskan pengertian Aqiqah dan dalilnya
§         Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai untuk Aqiqah
§         Siswa dapat menjelaskan hal yang disunatkan dalam aqiqah
D.          Materi Pembelajaran
§         Aqiqah
E.           Metode Pembelajaran
§         Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§         Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah
§         Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§         Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.           Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§      Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi penyembelihan, qurban dan aqiqah
Motivasi :
§      Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§      Siswa membaca literatur/referensi tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah.  (fase eksplorasi)
§      Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§      Membuat bagan penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya (fase elaborasi)
§      Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§      Salah seorang siswa mempraktekkan penyembelihan, qurban dan aqiqah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§      Penguatan tentang pengertian penyembelihan, qurban dan aqiqah (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§      Tanya jawab tentang materi penyembelihan, qurban dan aqiqah.
§      Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian penyembelihan, qurban dan aqiqah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit

G.          Sumber belajar dan media pembelajaran
§         Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits
§         Buku  acuan Paket Fikih Depag
§         Alat: OHP/komputer,LCD,
§         Bahan: LKS, Bahan Presentasi,
H.          Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§      Siswa dapat menjelaskan pengertian Aqiqah dan dalilnya
§      Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai untuk Aqiqah
§      Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dalam aqiqah
Tes lisan

Tes lisan

Tes tulis
Uraian

Uraian
§      Jelaskan pengertian Aqiqah dan dalilnya!

§      Jelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai untuk Aqiqah!

§      Jelaskan hal-hal yang disunatkan dalam aqiqah!



Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Fiqih





..........................................
NIP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar